A. Pengertian QUEUE
Queue dalam struktur data atau yang diartikan sebagai antrian merupakan sekumpulan data dimana saat menambahkan elemen hanya bisa dilakukan pada suatu ujung disebut sisi belakang (rear) dan penghapusan (pengambilan elemen) dilakukan lewat ujung lain/sisi depan(front). Berbeda dengan stack yang bersifat LIFO maka queue bersifat FIFO (First In First Out), yaitu data yang pertama masuk maka akan menjadi yang pertama kali keluar begitu pun sebaliknya.
Tumpukan disebut juga dengan "Waiting Line" yaitu suatu penambahan elemen baru dilakukan pada bagian belakang dan penghapus elemen dilakukan dilakukan pada bagian depan. Elemen-elemen dicdalam antrian dapat bertipe integer, real, record dalam bentuk sederhana atau terstruktur. Queue merupakan salah satu contoh aplikasi dari pembuatan double linked list yang cukup sering ditemui di kehidupan sehari-hari, midalnya saat pengantrian tiket. Istilah yang cukup sering dipakai adalah enqueue yaitu apabila seseorang masuk dalam sebuah antrian. Sedangkan dequeue adalah istilah yang dipakai saat seseorang keluar dari antrian.
B. Operasi-Operasi pada QUEUE
1. Create Queue(Q)
Untuk menciptakan dan menginisialisasi Queue
Dengan cara membuat Head dan Tail = -1
Dengan cara membuat Head dan Tail = -1
2. Make NullQ (Q)
Mengosongkan antrian Q, jika ada elemen maka semua elemen dihapus.
3. EnQueue
Untuk menambahkan elemen ke dalam Antrian, penambahan elemen selalu ditambahkan di elemen paling belakang. Penambahan elemen selalu menggerakan variabel Tail dengan cara increment counter Tail terlebih dahulu.
4. DeqQueue
Digunakan untuk menghapus elemen terdepan/pertama (head) dari Antrian. Dengan cara menggeser semua elemen antrian kedepan dan mengurangi Tail dgn 1. Penggeseran dilakukan dengan menggunakan looping.
5. Clear
Untuk menghapus elemen-elemen Antrian dengan cara membuat Tail dan Head = -1
Penghapusan elemen-elemen Antrian sebenarnya tidak menghapus arraynya, namun hanya mengeset indeks pengaksesan-nya ke nilai -1 sehingga elemen-elemen Antrian tidak lagi terbaca.
Penghapusan elemen-elemen Antrian sebenarnya tidak menghapus arraynya, namun hanya mengeset indeks pengaksesan-nya ke nilai -1 sehingga elemen-elemen Antrian tidak lagi terbaca.
6. IsEmpty
Untuk memeriksa apakah Antrian sudah penuh atau belum. Dengan cara memeriksa nilai Tail, jika Tail = -1 maka empty. Kita tidak memeriksa Head, karena Head adalah tanda untuk kepala antrian
(elemen pertama dalam antrian) yang tidak akan berubah-ubah. Pergerakan pada Antrian terjadi dengan penambahan elemen Antrian kebelakang, yaitu menggunakan nilai Tail.
7. IsFull
Untuk mengecek apakah Antrian sudah penuh atau belum
Dengan cara mengecek nilai Tail, jika Tail >= MAX-1 (karena MAX-1 adalah batas elemen array pada C) berarti sudah penuh.
Dengan cara mengecek nilai Tail, jika Tail >= MAX-1 (karena MAX-1 adalah batas elemen array pada C) berarti sudah penuh.
C. Pendeklarasian QUEUE
1. Create
prosedure create;
begin
head:=;tail:=0;
end;
2. Full
fungtion full:boolean;
begin
if tail = maxqueue then
full:= true
else
full:= false
end;
3. Empty
fungtion empety:boolean;
begin
if tail = 0 then
empty :=true
else
empty:= false;
end;
4. Enqueue
procedure enqueue(elemen : byte);
begin
prosedure create;
begin
head:=;tail:=0;
end;
2. Full
fungtion full:boolean;
begin
if tail = maxqueue then
full:= true
else
full:= false
end;
3. Empty
fungtion empety:boolean;
begin
if tail = 0 then
empty :=true
else
empty:= false;
end;
4. Enqueue
procedure enqueue(elemen : byte);
begin
if empty then
begin
head := 1;
tail:=1;
queue[head]:=elemen;
end
else
if not full then
begin
inc(tail);
queue[tail]:= elemen;
end;
end;
5. Dequeue
procedure dequeue; Var I :byte;
begin
if not empty then
begin
for I := head to tail - 1 do
queue[I]:= queue[I+1]
dec(tail);
end;
end;
6. Clear
producer clear;
begin
while
not empty then
dequeue;
end
Contoh Program:
#include <stdio.h>
#include <stdlib.h>
#include <conio.h>
#define MAX 5
#include <iostream>
using namespace std;
typedef struct
{
int data [MAX];
int head;
int tail;
}Queue;
Queue antrian;
void Create()
{
antrian.head=antrian.tail=-1;
}
int IsEmpty()
{
if(antrian.tail==-1)
return 1;
else
return 0;
}
int IsFull()
{
if(antrian.tail==MAX-1)
return 1;
else
return 0;
}
void Enqueue(int data)//menginput sebah dta
{
if(IsEmpty()==1)
{
antrian.head=antrian.tail=0;
antrian.data[antrian.tail]=data;
printf("%d Data Telah Masuk !",antrian.data[antrian.tail]);
// void Tampil();
// {
// if(IsEmpty()==0)
// {
// for(int i=antrian.head;i<=antrian.tail;i++)
// {
// printf("%d ",antrian.data[i]);
// }
// }
// else
// printf("Data Kosong !\n");
// }
}
else
if(IsFull()==0)
{
antrian.tail=antrian.tail+1;
antrian.data[antrian.tail]=data;
printf("%d masuk !", antrian.data[antrian.tail]);
}
}
int Dequeue()
{
int i;
int e=antrian.data[antrian.head];
for(i=antrian.head;i<=antrian.tail-1;i++)
{
antrian.data[i]=antrian.data[i+1];
}
antrian.tail--;
return e;
}
void Clear()
{
antrian.head=antrian.tail=-1;
printf("Data Clear");
}
void Tampil()
{
if (IsEmpty()==0)
{
for (int i=antrian.head;i<=antrian.tail; i++)
{
printf("%d ",antrian.data[i]);
}
}
else
{
printf("Data Kosong\n");
}
}
int main()
{
int pil;
int data;
Create();
do
{
system("cls");
printf ("\n MENU PILIHAN PROGRAM QUEUE\n");
printf ("1. Enqueue\n");
printf ("2. Dequeue\n");
printf ("3. Tampil\n");
printf ("4. Clear\n");
printf ("5. Keluar\n");
printf ("Masukkan Pilihan Anda : ");
scanf("%d",&pil);
switch(pil)
{
case 1:
printf("Data : ");
scanf("%d",&data);
Enqueue(data);
break;
case 2:
printf("Elemen yang keluar : %d", Dequeue());
break;
case 3:
Tampil();
break;
case 4:
Clear();
break;
case 5:
break;
}
getch();
} while(pil!=5);
}
#include <stdlib.h>
#include <conio.h>
#define MAX 5
#include <iostream>
using namespace std;
typedef struct
{
int data [MAX];
int head;
int tail;
}Queue;
Queue antrian;
void Create()
{
antrian.head=antrian.tail=-1;
}
int IsEmpty()
{
if(antrian.tail==-1)
return 1;
else
return 0;
}
int IsFull()
{
if(antrian.tail==MAX-1)
return 1;
else
return 0;
}
void Enqueue(int data)//menginput sebah dta
{
if(IsEmpty()==1)
{
antrian.head=antrian.tail=0;
antrian.data[antrian.tail]=data;
printf("%d Data Telah Masuk !",antrian.data[antrian.tail]);
// void Tampil();
// {
// if(IsEmpty()==0)
// {
// for(int i=antrian.head;i<=antrian.tail;i++)
// {
// printf("%d ",antrian.data[i]);
// }
// }
// else
// printf("Data Kosong !\n");
// }
}
else
if(IsFull()==0)
{
antrian.tail=antrian.tail+1;
antrian.data[antrian.tail]=data;
printf("%d masuk !", antrian.data[antrian.tail]);
}
}
int Dequeue()
{
int i;
int e=antrian.data[antrian.head];
for(i=antrian.head;i<=antrian.tail-1;i++)
{
antrian.data[i]=antrian.data[i+1];
}
antrian.tail--;
return e;
}
void Clear()
{
antrian.head=antrian.tail=-1;
printf("Data Clear");
}
void Tampil()
{
if (IsEmpty()==0)
{
for (int i=antrian.head;i<=antrian.tail; i++)
{
printf("%d ",antrian.data[i]);
}
}
else
{
printf("Data Kosong\n");
}
}
int main()
{
int pil;
int data;
Create();
do
{
system("cls");
printf ("\n MENU PILIHAN PROGRAM QUEUE\n");
printf ("1. Enqueue\n");
printf ("2. Dequeue\n");
printf ("3. Tampil\n");
printf ("4. Clear\n");
printf ("5. Keluar\n");
printf ("Masukkan Pilihan Anda : ");
scanf("%d",&pil);
switch(pil)
{
case 1:
printf("Data : ");
scanf("%d",&data);
Enqueue(data);
break;
case 2:
printf("Elemen yang keluar : %d", Dequeue());
break;
case 3:
Tampil();
break;
case 4:
Clear();
break;
case 5:
break;
}
getch();
} while(pil!=5);
}
Hasil Output:
Referensi
http://langkahsuku.blogspot.com/2016/02/materi-queue.html
http://sekilaslihat.blogspot.com/2015/06/rangkuman-materi-queue.html
http://blog-arul.blogspot.com/2012/01/queue-pada-struktur-data.html
https://mas-gado.blogspot.com/2018/01/queue.html
0 komentar:
Posting Komentar