BAB
IV
PERANGKAT INPUT DAN OUTPUT PADA KOMPUTER
A. Pengertian Perangkat Input
Input device adalah alat yang digunakan
untuk menerima input dari luar
sistem. Input ini bisa berupa signal
input atau maintenance input. Di
dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem
komputer, yaitu berupa berupa data-data, baik yang berupa huruf, angka, gambar,
maupun suara yang dimasukkan ke dalam sistem komputer. Sedangkan maintenance input berupa program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input
selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Peralatan yang berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak
langsung. Alat input langsung yaitu
input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses, contoh: papan ketik
(keyboard), pointing device (misalnya mouse,
touch screen, light pen, digitizer graphics
tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character
recognition reader), sensor (misalnya digitizing
camera), voice recognizer
(misalnya microphone). Alat input tidak langsung melalui media
tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses, contoh keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media
berbentuk pita (tape) sebelum
diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk
yang merekam data ke media magnetic disk
(misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
B. Perangkat Input
1.
Keyboard
Keyboard adalah perangkat input
berbentuk papan ketik yang memiliki tuts atau tombol huruf, tombol angka,
tombol karakter khusus, dan tombol fungsi. Keyboard
merupakan alat input utama dalam
sistem komputer karena hampir semua instruksi komputer dapat kita inputkan
melalui keyboard.
Jenis-Jenis Keyboard
antara lain :
a.
QWERTY
b.
DVORAK
c.
KLOCKENBERG
2.
Mouse
Mouse digunakan sebagai alat untuk
menunjuk dan menjalankan perintah pada menu-menu yang tampak pada layar
monitor. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara
maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device.
Mouse ini dihasilkan oleh bola kecil
di dalam mouse, sesuai dengan
pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang
digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula
dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak di tengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (click) dimana
penekanan ini akan berfungsi bila mouse
berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang
ditunjuk penekanan ini akan diabaikan.
Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan
menggeser (drag) yaitu menekan tombol
kiri mouse tanpa melepaskannya dengan
sambil digeser. Drag ini akan
mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan
lainnya. Penekanan tombol kiri mouse
dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol
kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click). Mouse
terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
3.
Joystick
Joystick digunakan untuk memasukkan
perintah pada saat kita menjalankan game komputer. Selain itu, joystick juga banyak diimplementasikan
pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk. Bentuk joystick menyerupai sebuah tongkat yang
dapat kita gerakkan ke beberapa arah, dan dilengkapi dengan tombol-tombol di
bagian atas.
4.
Trackball
Trackball
memiliki fungsi sama seperti joystick,
yaitu untuk memasukkan perintah pada saat kita memainkan game komputer. Pada
alat ini terdapat bola berukuran cukup besar sehingga mudah digerakkan saat
bermain game. Trackball umumnya
terdapat pada mouse modern. Trackball
menyimulasikan pergerakan vertikal mouse,
sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse
berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.
5.
Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat
berfungsi untuk meng-copy atau
menyalin gambar, foto atau teks menjadi data digital yang kemudian disimpan ke dalam
memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk
ataupun floppy disk. Fungsi scanner
ini mirip seperti mesin fotocopy,
perbedaannya adalah mesin fotocopy
hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text
maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan
yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban
komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban
Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari
lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner
yang beredar di pasaran adalah scanner
untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi
dengan fasilitas OCR (Optical Character
Recognition) untuk mengcopy atau
menyalin objek dalam bentuk teks. Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem
kerja mirip seperti mesin scanner
untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir
untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan
pensil 2B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol
serta dapat menggunakan kertas biasa. Terdapat beberapa jenis scanner bergantung pada kegunaan dan
cara kerjanya, antara lain:
a.
Scanner Gambar
b.
Scanner Barcode
c.
Scanner Sinar-X
d.
Scanner Cek
e.
Scanner Logam
f.
Scanner Optical Mark Reader (Omr)
g.
Scanner 3 Dimensi
Diantara jenis-jenis scanner
tersebut, scanner gambar adalah yang
paling sering disebut sebagai scanner.
Seperti halnya pada scanner OMR,
scanner gambar juga dapat digunakan sebagai scanner
Lembar Jawaban Komputer (LJK). Agar hal tersebut dapat tercapai, dibutuhkan
perangkat lunak dengan teknologi Digital
Mark Reader (DMR). Bila dikelompokkan berdasarkan cara memasukkan kertas, scanner gambar terdiri atas 2 jenis,
yaitu:
a.
Flatbed
Pada scanner gambar Flatbed, kertas diletakkan di atas kaca scanner, kemudian lampu dan sensor scanner akan bergerak menyusuri kertas tersebut untuk memperoleh
gambarnya.
b.
Automatic Document Feeder (ADF)
Pada scanner
gambar Automatic Document Feeder
(ADF), kertas diletakkan pada baki/tray,
lalu satu per satu kertas akan dimasukkan oleh bagian mekanik scanner dengan adanya pad assy dan roller. Pada saat kertas bergerak di atas lampu scanner, sensor scanner bekerja untuk memperoleh gambar yang merepresentasikan
kertas tersebut.
Keunggulan scanner Automatic Document Feeder (ADF)
adalah:
1) Kecepatannya tinggi, dapat mencapai > 10.000 lembar
per jam.
2) Dapat membaca dua sisi kertas sekaligus pada saat yang
bersamaan.
3) Dengan imprinter,
scanner dapat memberikan tanda pada
lembaran yang telah dipindai.
4) Sangat tepat dipasangkan dengan perangkat lunak
berteknologi digital mark reader
serta untuk pengarsipan dan manajemen dokumen.
6.
Barcode reader
Barcode reader adalah alat yang bekerja
seperti scanner, yakni memindai barcode sehingga
barcode tersebut dapat dibaca oleh
komputer. Dengan kata lain, barcode
berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis
tebal vertical yang kemudian
diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada
produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap
kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi
produk yang dijualnya dengan barcode.
7.
Mikrofon
Mikrofon
berfungsi untuk memasukkan data berbentuk suara ke dalam komputer. Alat ini
harus kita hubungkan ke kartu suara (soundcard)
agar dapat menerima input berupa suara. Dengan bantuan perangkat lunak
tertentu, input suara tersebut dapat kita edit dan kita simpan di komputer.
Selain itu dengan mikrofon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara
kepada orang yang kita inginkan pada saat
chatting.
8.
Touch screen
Touch screen atau layar sentuh adalah
alat masukan yang memungkinkan kita memasukkan data maupun instruksi ke
komputer melalui sentuhan. kita dapat menjumpai touch screen di tempat-tempat umum yang menyediakan informasi untuk
umum atau di mesin ATM. Bahkan laptop maupun HP dengan fasilitas touchscreen pun sudah banyak beredar.
9.
Kamera
video
Kamera
video atau sering disebut camcorder
adalah alat untuk merekam objek bergerak hingga menjadi file video atau film. Camcorder termasuk alat input. Hasil
rekaman dapat ditransfer ke komputer dan diolah dengan perangkat lunak khusus.
Hasilnya kemudian dapat kita salin ke cakram CD atau DVD.
10. Kamera foto
Sebagian besar
kamera foto yang beredar saat ini merupakan kamera digital. Kamera digital
lebih mudah digunakan karena karena tidak menggunakan kertas film. Kemudahan
dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan.
Pengguna dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya tanpa perlu takut gagal
karena gambar yang buruk dengan mudah dapat dihapus. Kualitas gambar dari
kamera digital lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar dengan menggunakan scanner.
Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam
memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau
ditransfer ke komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis
sampai dengan kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti
halnya video.
11. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini
dapat digunakan sebagai pengganti mouse.
Selain touchpad adalah model unit
masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
12. Webcam
Webcam
(singkatan dari web camera) adalah
sebutan bagi kamera real-time
(bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa diakses atau dilihat
melalui World Wide Web, program instant
messaging, atau aplikasi video call.
Istilah webcam merujuk pada teknologi
secara umumnya, sehingga kata web
kadang-kadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan pemandangan yang
ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam
yang memperlihatkan pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama kota dan
pedesaan, TraffiCam yang digunakan
untuk memonitor keadaan jalan raya, cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam. Webcam atau web camera
adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan ke komputer melalui
(biasanya) port USB ataupun port COM.
13. Gamepad
Gamepad,
dikenal juga dengan joypad atau control pad adalah tipe kontroler
permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, untuk
menjalankannya. Gamepad umumnya
memiliki tombol aksi di sebelah kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri.
Awalnya pengontrol arah terbatas pada empat arah (D-pad), namun gamepad modern
umumnya memiliki tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
C. Pengertian Peralatan Ouput
Output device adalah
perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai
hasil pengolahan data. Output yang
dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan
(huruf, angka, simbol khusus), image
(dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca
oleh mesin (machine-readable form).
Tiga golongan pertama adalah output yang
dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya
digunakan sebagai input untuk proses
selanjutnya dari komputer.
D. Perangkat Output
1.
Monitor
Monitor
merupakan unit keluaran yang memberikan informasi kepada pengguna komputer.
Monitor juga merupakan suatu jenis soft-copy
device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar
monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi
masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah
televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda.
Tipe-tipe monitor yang sudah dikenal diantaranya:
a.
CGA
(Color Graphic Adapter) Tipe monitor
standar IBM yang mempunyai kualitas resolusi rendah. Monitor ini hanya mampu
menampilkan 4 warna dalam mode grafis.
b.
EGA
(Enhanced Graphic Adapter) EGA
merupakan tipe monitor yang tingkatannya di atas CGA. Monitor ini mampu
menampilkan 16 warna dalam mode grafis.
c.
EPGA
(Enchanced Professional Graphic Adapter)
Monitor ini mampu menampilkan 256 warna pada mode grafis. Monitor ini disebut
juga sebagai monitor PEGA atau PGA d.
VGA (Visual Graphic Adapter) VGA
merupakan tipe monitor yang sekarang banyak digunakan. Gambar yang dihasilkan
mempunya warna sampai jutaan. Mode grafisnya tampak lebih nyata di mata.
d.
LCD
(Liquid Crystal Display) LCD dikenal
sebagai monitor flat atau latar data dengan resolusi rendah, yang memiliki
kemampuan menampilkan warna sampai jutaan. LCD menggunakan persenyawaan cair
yang mempunyai struktur molekul polar dan diapit oleh dua elektode yang
transparan.
2.
Printer
Printer adalah
sebuah peralatan dari komputer yang dapat mencetak teks atau gambar ke media
kertas atau media lainnya seperti kertas transparansi. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat mengambil kertas
dari tray. Tray ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau toner adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang
disebut tinta atau toner yang digunakan untuk menulis/ mencetak pada kertas.
Perbedaan
toner dan tinta ialah perbedaan
sistem toner atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta
atau inkjet tak butuh pemanasan,
hanya pembersihan atau cleaning pada print-head printer tersebut. Ada pula
kabel fleksibel untuk pengiriman sinyal dari prosesor printer ke tinta atau
toner. Kabel ini tipis dan fleksibel, namun kuat. Pada bagian belakang printer
biasanya ada port paralel atau USB
untuk penghubung ke komputer. Printer berdasarkan alat mekanik atau proses
kerjanya yang digunakan, terdiri dari:
a. Impact, printer secara bekerja dengan kertas dimana proses cetaknya dengan menggunakan jarum yang menghasilkan titik kotak (dot matrix).
b. Non Impact, printer yang bekerja secara mekanik, yaitu penyemprotan; dan elektronik
pada media cetaknya.
3.
Speaker
Speaker akan memberikan informasi
dalam bentuk suara. Apabila kita mendengarkan lagu melalui komputer yang
terhubung Internet dan terhubung pada saluran pemancar radio online, maka unit
keluaran yang diperlukan adalah speaker.
Dalam setiap sistem penghasil suara, penentuan kualitas suara terbaik
tergantung dari speaker. Rekaman yang
terbaik, dikodekan ke dalam alat penyimpanan yang berkualitas tinggi, dan
dimainkan dengan deck dan pengeras
suara kelas atas, tetap saja hasil suaranya akan jelek bila dikaitkan dengan speaker yang kualitasnya rendah. Sistem
pada speaker adalah suatu komponen
yang membawa sinyal elektronik, menyimpannya dalam CDs, tapes, dan DVDs, lalu mengembalikannya lagi ke dalam bentuk suara
aktual yang dapat kita dengar.
0 komentar:
Posting Komentar