A. Pengertian Aritektur Komputer
Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu
dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai
komponen perangkat keras atau hardware
untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan
fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam
bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep
perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer
atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Arsitektur
von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang
diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh
hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian
utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, &
alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut
dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
B. Sub-Kategori Arsitektur Komputer
Arsitektur
komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
1.
Set
intruksi (ISA).
2.
Arsitektur
mikro dari ISA, dan juga
3.
Sistem
desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras (hardware) komputer ini.
Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:
1.
Set
instruksi.
2.
Komponen
hardware (perangkat keras).
3.
Organisasi
atau susunan sistemnya.
C. Bagian Utama Arsitektur Komputer
Terdapat
2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
1.
Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang
menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
2.
Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu
CPU, Memori, serta OS.
D. Faktor Yang Berpengaruh Pada Keberhasilan Arsitektur Komputer
Terdapat
faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3
(tiga) diantaranya adalah:
1. Manfaat Arsitektural
Diantaranya yaitu:
a. Aplicability
b. Maleability
c. Expandibility
d. Comptible
2. Kinerja Sistem.
Yaitu
untuk mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian program yang standard yang
dijalankan yang dapat di sebut Benchmark
pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
a.
MIPS
(Million Instruction PerSecond)
b.
MFLOP
(Million Floating Point PerSecond)
c.
VUP
(VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O sistem:
a.
Sistem
Operasi Bandwith
b.
Operasi
I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori:
a.
Memoy
Bandwith
b.
Waktu
Akses Memori
c.
Ukuran
Memori
3. Ukuran Kinerja Memori:
a.
Memoy
Bandwith
b.
Waktu
Akses Memori
c.
Ukuran
Memori
Arsitektur
komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan
berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebut tentunya sangat
dibutuhkan bagi perancang ataupun user software
sistem dalam mengembangkan suatu program.
0 komentar:
Posting Komentar