Jumat, 19 Oktober 2018

Posted by Milda Hayati on 06.17 with No comments

A.    Pengertian Aritektur Komputer

Arsitektur komputer adalah dapat dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus sebagai suatu seni mengenai cara interkoneksi antara berbagai komponen perangkat keras atau hardware untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang dapat memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan juga target biayanya.
Dalam bidang teknik komputer, definisi arsitektur komputer adalah suatu konsep perencanaan dan juga struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer atau ilmu yang bertujuan untuk perancangan sistem komputer.
Arsitektur von Neumann (atau Mesin Von Neumann) adalah arsitektur yang diciptakan oleh John von Neumann [1903 – 1957]. Arsitektur ini digunakan oleh hampir pada semua komputer pada saat ini. Arsitektur Von Neumann ini menggambarkan komputer dengan 4 (empat) bagian utama, yaitu: Unit Aritmatika & Logis (ALU), unit kontrol, memori, & alat masukan & hasil (secara kolektif dinamakan I/O). Bagian tersebut dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.

B.     Sub-Kategori Arsitektur Komputer

Arsitektur komputer ini mengandung 3 (tiga) sub-kategori, diantaranya meliputi:
1.      Set intruksi (ISA).
2.      Arsitektur mikro dari ISA, dan juga
3.      Sistem desain dari semua atau seluruh komponen dalam perangkat keras  (hardware) komputer ini.

Arsitektur Komputer yaitu desain komputer yang meliputi:
1.      Set instruksi.
2.      Komponen hardware (perangkat keras).
3.      Organisasi atau susunan sistemnya.
 

Gambar 7. 1 Komputer

C.    Bagian Utama Arsitektur Komputer

Terdapat 2 (dua) bagian pokok arsitektur komputer:
1.      Instructure Set Architecture, adalah spesifikasi yang menentukan bagaimana programmer bahasa mesin berinteraksi dengan komputer.
2.      Hardware System Architacture yaitu subsistem hardware (perangkat keras) dasar yaitu CPU, Memori, serta OS.

D.    Faktor  Yang Berpengaruh Pada Keberhasilan Arsitektur Komputer

Terdapat faktor-faktor yang dapat berpengaruh pada keberhasilan arsitektur komputer, 3 (tiga) diantaranya adalah:
1.    Manfaat Arsitektural
Diantaranya yaitu:
a.      Aplicability
b.      Maleability
c.       Expandibility
d.      Comptible
2.    Kinerja Sistem.
Yaitu untuk mengukur kinerja dari sistem, ada serangkaian program yang standard yang dijalankan yang dapat di sebut Benchmark pada komputer yang akan diuji ukuran kinerja CPU:
a.       MIPS (Million Instruction PerSecond)
b.      MFLOP (Million Floating Point PerSecond)
c.       VUP (VAX Unit of Performance)
Ukuran Kinerja I/O sistem:
a.       Sistem Operasi Bandwith
b.      Operasi I/O Perdetik
Ukuran Kinerja Memori:
a.       Memoy Bandwith
b.      Waktu Akses Memori
c.       Ukuran Memori
3.    Ukuran Kinerja Memori:
a.       Memoy Bandwith
b.      Waktu Akses Memori
c.       Ukuran Memori
Arsitektur komputer merupakan suatu hal yang sangatlah penting karena dapat memberikan berbagai atribut-atribut pada sistem komputer, hal tersebut tentunya sangat dibutuhkan bagi perancang ataupun user software sistem dalam mengembangkan suatu program.

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts

Pages

Text Widget

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Milda Hayati
Lihat profil lengkapku

Featured Post

Konfigurasi IP Table/ Firewell

Followers

Author Details

Hey there, We are Blossom Themes! We are trying to provide you the new way to look and use the blogger templates. Our designers are working hard and pushing the boundaries of possibilities to widen the horizon of the regular templates and provide high quality blogger templates to all hardworking bloggers!

Blogger templates

3/recentposts

Blogroll

Pages

Blogger templates

Blogroll

Blogroll

Popular Posts

Popular Posts

Copyright © MILDA HAYATI | Powered By Blogger | Published By Gooyaabi Templates
Design by Carolina Nymark | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com